Besi

logam, ikatan yang sulit dihancurkan...
keras, sulit ditempa....

Aku yang sedang mangkir dari tugas. Lelah, pikirku. "Ah, lelah melulu. Dasar kurang bersyukur!"
Bersama dengan istirahatnya siang, aku meletakkan segala beratnya siang pada syukur malam. Bersyukur pada Sang Khalik yang memutar waktu dengan apik. Ada perputaran waktu yang konstan, tidak berbentur dan adil. kiranya ini siang melulu, mungkin bintang sulit untuk menampakkan diri. begitulah syukur senantiasa wajib kita haturkan. Terima kasih ya Rabb :')

"…Dan Kami turunkan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia ...." (Al Qur'an, 57:25)

Subhanallah .....
Sobat, begitulah besi, memiliki kekuatan yang hebat. besi bermanfaat bagi manusia dengan tempaan yang luar biasa, dengan panas dan pukulan.

Lalu apakah kita yang sebagian besar tersusun dari karbon dengan ikatan kovalen yang lemah tidak dapat belajar dari besi yang kuat? mengapa kita harus sombong dengan keistimewaan yang Allah berikan. Belajar dari alam, dari penciptaan menyadarkan bahwa, Allah terlalu sayang sehingga segala keteraturan dan ilmu yang terlalu melimpah ini, wajib kita pungut satu per satu. Wajib!

Besi adalah unsur logam dengan ikatan yang sangat kuat. Belajarlah menjalin ikatan sekuat ikatan logam. Mampu menyusun shaf elektron dengan rapi dan padat hingga pukulan tidak udah melepaskan ikatannya. Bagaimna dengan kita? Aku ? dengan sedikit pukulan, mungkin tangan kita enggan menjabat tangan yang lain, mundur atau bahkan lari dan tidak mau disakiti lagi. Hei, sadarlah! tangan kita terlalu sepi tanpa menggenggam saudara kita, sahabat kita.

Belajarlah dari alam. Garam dapur misalnya, tidak datang sendiri ke dapur kita. Ada kerja keras dari para pekerja. Dan ada pelajaran besar, garam dapur (NaCl) tersusun dari unsur Na dan unsur Cl. Apakah mereka berasal dari 1 golongan sehingga mau berikatan? tidak, Na berasal dari golongan I A  dan Cl berasal dari golongan VII A dalam tabel periodik unsur.

Alam semesta tidak sekecil tabel periodik yang baru hanya menampung ratusan unsur. Bersatu, menjadi kuat dan bermanfaat. Bisakah kita ? Atau kita hanya akan menelan garam bulat2 dan melupakan belajar darinya. sekali lagi bersyukur dan terus belajar.

Ah, mungkin ini saja dulu, karena aku berada dalam tabel periodik yang sama denganmu, aku juga ingin berikatan dan memberi manfaat pada semua . aamiin.

-oemy21

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Depend on yourself!

Surat untuk saudaraku 2012

Model Desain Pembelajaran