iukwIm

Sembari menyelesaikan tumpukan tugas, aku menyempatkan menghela nafas sedikit panjang. Berharap lelah sedikit menghilang. Maka aku hanya ingin bermain dengan ribuan kata, malam ini. Kususun tumpukan tugas itu agar aku sadar, untuk kembali menyelesaikannya. Apakah begitu juga denganmu, teman?

Sebuah kiriman dari account di facebook mengingatkan aku, kamu dan kita semua bahwa sesulit apapun tugas kehidupan ini, pasti ada penyelesaiannya. Ingatlah! ada penyelesaiannya. Aku tersenyum simpul. Ah, benar juga.

Aku mengingat beberapa turunan panjang fungsi matematika abstrak dari tugas kimia fisik semester lalu. Ketika kita berusaha menyelesaikannya, jawabannya pasti ada. Sepanjang apapun penyelesaian yang kita butuhkan, tapi pada akhirnya kita bisa menemukan jawabannya. Sebuah kebanggaan ketika kita berhasil mencapai jawaban itu. Terlepas benar atau tidak langkah dan jawaban yang kita gunakan, percayalah proses mengajarkan kita beberapa konsep penting yang mungkin kita lupa dan tidak tahu menjadi tahu.

Begitulah kehidupan mengajarkan kita tentang turunan panjang permasalahan "nyata" dari tugas kehidupan yang Allah berikan sedari perjanjian kita dengan Nya dibuat. Penyelesaian dan jawaban pasti terbuka dan ada. Sepanjang apapun proses penyelesaian itu. Yakinlah, kita akan memiliki kualitas yang lebih baik, karena kita belajar banyak hal dari masalah yang kita hadapi. Percayalah.

Sederet kata di atas aku tujukan untuk diriku untuk sepanjang pemikiran bodoh dan ketakutan yang mendera. Sebuah tugas yang Allah berikan tidak diberikan untuk menghancurkan kehidupan kita, untuk membuat semangta kita berhenti sampai di sini. tapi, ini mula dari kepercayaan besar yang Insya Allah, akan Allah berikan pada kita yang memiliki kualitas yang lebih baik.

Untuk Jaka, lelaki kecil yang sangat aku cintai. Maafkan yundamu yang gentar ini, aku berjanji untuk lebih giat dalam berusaha menjadi contoh dan panduan yang baik untuk kehidupanmu.

-Oemy21

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Depend on yourself!

Surat untuk saudaraku 2012

Model Desain Pembelajaran